Makan Lalapan Banyak Manfaatnya Untuk Kesehatan

Manfaat daun muda dan lalapan sayur

okutimurnews.id – Masyarakat OKU Timur terkenal akan kebiasaan dan kegemarannya mengonsumsi sayur lalapan. Apa itu lalapan? 

Pada dasarnya lalapan merupakan berbagai macam sayuran yang dikonsumsi dalam kondisi mentah dan dilengkapi sambal sebagai bumbu atau perasanya.

Meskipun ada beberapa yang harus dikukus atau direbus sebentar terlebih dahulu. Sayuran yang sebelumnya sudah dicuci bersih dicocolkan pada sambal kemudian langsung dimakan. Biasanya ditemani nasi hangat, sungguh segar dan nikmat sekali.

Lalapan

Semua jenis sayuran dapat dijadikan lalapan. Komposisi dan jenisnya dapat disesuaikan tergantung selera.

Contoh sayuran yang dijadikan lalapan diantaranya labu siam, mentimun, kubis, selada, buncis, daun kemangi, leunca, pegagan, semanggi, daun beluntas, kangkung, takokak, daun pepaya, seledri, dan masih banyak lagi.

Baca Juga  7 Manfaat Air Jahe Selain dapat Turunkan Berat Badan

Karena terdiri dari berbagai macam sayuran dan tumbuhan maka lalapan memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan berupa vitamin, mineral, dan serat.

Apalagi karena dikonsumsi dalam bentuk mentah atau dikukus sebentar menyebabkan kandungan nutrisi dalam sayur-sayuran tersebut masih terjaga dengan baik dan terhindar dari kerusakan akibat proses memasak yang kurang benar.

Berikut beberapa manfaat yang akan kita peroleh dengan mengonsumsi sayur lalapan:

Mengatasi penyakit diabetes Penderita diabetes atau kencing manis sangat baik mengonsumsi sayur lalapan terutama sayuran seperti daun dan buah mengkudu, petai cina, daun salam, leunca, buncis, dan petai. Semua sayuran tersebut dapat membantu menurunkan kadar gula darah sehingga cocok dan baik untuk penderita diabetes.

Baca Juga  4 Buah Ini Bisa Bikin Bibir Kamu Merah Alami.

manfaat kacang panjang

# Like dan Share Info Terbaru di Page di Facebook OKU Timur News
# Bisa juga ikuti update terbaru di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.