Scroll untuk baca artikel
Nasional

Pertamina Dex dan Dexlite Hari ini Turun Harga

1582
×

Pertamina Dex dan Dexlite Hari ini Turun Harga

Sebarkan artikel ini
Dexlite

okutimurnews.id – Pertamina Dex dan Dexlite Hari ini Turun Harga, Pertamina dex turun dari Rp16.850 per liter jadi Rp15.850 per liter dan dexlite turun juga dari Rp16.150 per liter jadi Rp14.950 per liter.

Sedangkan PT Pertamina (Persero) juga memilih untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) pertamax dan pertamax turbo awal hari ini, Rabu (1/3).

Adverstisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Konten

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting menjelaskan argumennya menaikkan BBM ialah menimbang harga minyak mentah sampai nilai ganti rupiah.

“Harga BBM Pertamina menimbang beragam faktor salah satunya minyak mentah, publisitas MOPS (Means of Platts Singapore) dan kurs,” katanya dalam info tercatat.

Baca Juga  NU Minta Pesantren Tak Terprovokasi Teror Orang Gila

Menurut dia, untuk rekonsilasi harga merujuk pada rerata MOPS untuk masa 25 Januari 2023 sampai 24 Februari 2023. Dengan referensi ini, naiknya harga juga berlainan setiap propinsi.

“Harga baru ini berlaku untuk propinsi dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan motor (PBBKB) sejumlah 5 % seperti pada daerah DKI Jakarta,” kata Irto.

Disamping itu, rekonsilasi dan penentuan harga BBM periodik dilaksanakan Pertamina searah dengan Keputusan Menteri ESDM Nomor 245.K/MG.01/MEM.M/2022 mengenai Formulasi Harga Dasar Dalam Penghitungan Harga Jual Ketengan Tipe BBM Umum Tipe BBM dan Minyak Solar.




This will close in 10 seconds