Scroll untuk baca artikel
Bisnis

Cara Investasi Emas yang Mudah Bagi Pemula

456
×

Cara Investasi Emas yang Mudah Bagi Pemula

Sebarkan artikel ini
Investasi Emas 2024
Investasi Emas (Photo by Bangko News)

okutimunews.id – Cara investasi Emas yang mudah bagi Pemula, Kenapa Harus Investasi Emas, ada 2 jenis emas, emas batangan (LM) atau emas perhiasan. Terserah mana yang mudah di dapat dan terjangkau dananya. Emas perhiasan bisa di dapat dengan mudah di sekitar kita. kita bisa membeli dengan dana yang ada untuk Investasi Emas.

Perbedaan Emas Batangan dan Emas Perhiasan

Perbedaan antara harga Emas perhiasan dan Emas batangan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya bisa disebabkan oleh kadar kemurnian dari logam mulia yang digunakan.

Adverstisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Konten

Emas perhiasan pada umumnya sudah tidak memiliki kadar Emas yang benar-benar murni. Melainkan, sudah terdapat campuran logam di dalamnya. Sebaliknya, Emas batangan merupakan jenis Emas murni atau Fine Gold (FG).

Selain itu, perbedaan harga Emas perhiasan dan Emas batangan juga dipengaruhi oleh faktor upah produksi. Proses produksi Emas batangan dan Emas perhiasan memang berbeda.

Proses pengolahan dan pencetakan Emas batangan menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi untuk membuat produk Emas dengan hasil presisi tinggi. Biaya produksi yang dikeluarkan untuk proses pemurnian Emas batangan juga umumnya cukup besar.

Sedangkan, harga Emas perhiasan biasanya ditentukan oleh desain dan nilai estetika. Produk Emas perhiasan umumnya dibuat oleh para pengrajin. Proses pembuatan perhiasan juga umumnya membutuhkan ketelitian dan pemahaman seni estetika yang baik. Sehingga, selain memiliki nilai investasi, perhiasan Emas juga mengandung nilai keindahan.

Semakin rumit dan detail desain perhiasan Emas, maka harganya pun akan semakin tinggi. Biaya produksi perhiasan Emas akan dibebankan kepada pembeli saat mereka membeli perhiasan tersebut. Sayangnya, biaya tambahan ini tidak akan dihitung saat Anda memutuskan untuk menjual perhiasan tersebut dikemudian hari, karena toko emas tempat Anda menjual perhiasan hanya akan membayar nilai emasnya saja tanpa biaya pembuatan perhiasannya.

Sudah memiliki penghasilan tetap bukan berarti masa depan Anda terjamin. Untuk menjamin agar masa depan Anda menjadi lebih baik, ada satu tindakan yang sebaiknya dilakukan sedari dini, yakni investasi.

Baca Juga  PO Bus Putra Sulung Tambah Armada Hadapi Arus Mudik Jelang Lebaran

Berinvestasi apapun bentuknya, wajib dilakukan selagi Anda masih memiliki penghasilan tetap. Banyak jenis investasi yang bisa dipilih, mulai dari investasi saham, deposito, tanah, hingga emas.

Jenis terakhir ini merupakan pilihan investasi yang tengah naik daun di masa pandemi Covid-19 ini. Ada beberapa cara investasi emas yang bisa dilakukan.

Emas tidak hanya populer sebagai perhiasan, tapi juga dianggap sebagai pilihan investasi yang sangat menguntungkan. Apa pasal? Karena emas merupakan barang yang harganya memiliki kecenderungan naik serta jarang mengalami penurunan dalam jumlah yang signifikan.

Salah satu contoh adalah yang kini terjadi di masa pandemi Covid-19. Harga emas mengalami peningkatan yang signifikan. Kini emas diburu sebagai alat investasi sehingga penting bagi Anda untuk mengetahui cara investasi emas.

Karena popularitasnya yang kian meninggi, banyak orang yang mulai beralih ke investasi emas. Tak perlu khawatir apabila Anda termasuk yang ingin berinvestasi di logam mulia ini namun tidak mengetahui cara investasi emas yang aman.

Tapi sebenarnya bagaimana cara investasi emas yang aman untuk pemula? Berikut ulasannya.

Cara investasi emas yang aman bagi pemula

Pastikan tujuan investasi emas

Sebelum memulai investasi emas, pastikan Anda tahu untuk apa tujuan Anda berinvestasi. Cara investasi emas yang aman ialah mengetahui dengan baik tujuannya dalam berinvestasi.

Banyak tujuan yang bisa dijadikan target dalam berinvestasi emas, apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan, atau investasi hari tua.

Atau sebagai contoh, Anda sudah menargetkan dalam kurun 10 tahun ke depan akan berhenti bekerja dan memulai usaha sendiri.

Kemudian penghasilan dari gaji Anda sebagian disisihkan dan diinvestasikan di emas. Jika sudah memiliki tujuan yang jelas seperti ini maka Anda akan lebih tahu berapa besaran emas yang diinvestasikan setiap bulannya. Itulah cara investasi emas yang aman pertama bagi pemula.

Baca Juga  Bus Almira Rute Belitang Jakarta

Pantau perkembangan harga emas secara berkala

Cara investasi emas yang berikutnya adalah memantau perkembangan harga emas secara berkala. Saat ini, tidak sulit untuk memantau perkembangan harga emas.

Banyak situs-situs di internet yang menampilkan perkembangan harga emas setiap harinya. Kemudian ada juga aplikasi pada ponsel yang dapat menampilkan perkembangan harga emas.

Apa tujuan Anda memantau perkembangan harga emas? Emas meski dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil terkadang juga mengalami penurunan harga. Meski jarang, tidak ada salahnya untuk membelinya.

Kemudian saat secara tiba-tiba harga emas melonjak tinggi, Anda juga mempunyai pilihan untuk kemudian menjualnya. Namun perlu dipahami bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang yakni dalam kurun waktu 5-10 tahun. Itu cara investasi emas yang kedua.

Beli emas di tempat yang terpercaya

Cara investasi emas selanjutnya adalah mengetahui tempat pembelian emas. Ada beberapa tempat yang menjual emas batangan untuk berinvestasi.

Namun Anda sebaiknya membeli emas di tempat-tempat yang menjual secara resmi dan terpercaya. Resmi yakni menjual emas dengan menyertakan surat-surat dan sertifikatnya karena ada penjual emas yang menyediakan logam mulia tersebut dengan cara cepat namun tidak disertakan dengan sertifikat. Hanya emas batangannya saja.

Salah satu tempat yang direkomendasikan dan termasuk cara investasi emas adalah membelinya di PT ANTAM. Anda bisa membelinya langsung di gerai penjualan emas di kantor PT ANTAM atau situs-situs e-commerce yang memang menjual emas dari PT ANTAM secara resmi.

Kemudian Anda juga bisa membeli dan membuka rekening tabungan emas di PT Pegadaian. Keduanya merupakan Badan Usaha Milik Negara atau BUMN sehingga penjualannya lebih terpercaya.

Tempat penyimpanan emas yang aman

Selanjutnya cara investasi emas yang mudah diikuti oleh pemula ada perhatikan tempat penyimpanannya. Salah satu tips atau cara investasi emas adalah Anda juga harus mengerti tempat penyimpanan emas yang aman. Yang paling mudah ialah menyimpannya di rumah sendiri di dalam brankas atau safety box.

Baca Juga  Pertashop, Produk Pertamina Pesaing Pertamini di OKU Timur.

Jika merasa kurang aman Anda juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank. Tentunya jika memilih untuk menggunakan SDB, ada biaya tambahan yang diperlukan. Harga untuk menggunakan SDB relatif tergantung dengan bank masing-masing.

Untuk SDB sendiri selain emas bisa juga dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang maupun surat-surat berharga lainnya seperti sertifikat rumah atau tanah.

Fokus masa depan

Cara investasi emas yang selanjutnya adalah fokus di masa depan. Anda harus memahami bahwa investasi merupakan tabungan untuk masa depan baik itu yang sifatnya jangka pendek atau jangka panjang yakni bisa 10 sampai 15 tahun mendatang.

Jadi saat melakukan investasi, termasuk investasi emas, perlu kesabaran dalam melihat hasilnya. Investasi emas sangat cocok sebagai investasi jangka panjang sehingga hasilnya baru terasa setidaknya 5-10 tahun mendatang.

Ingat, investasi berbeda dengan jual beli yang memang bertujuan untuk mencari keuntungan dalam waktu singkat. Karena itu dalam berinvestasi emas, Anda harus fokus terhadap tujuan dan masa depan yang ingin Anda capai. Jadi, fokus pada masa depan adalah cara investasi emas yang bisa Anda terapkan.

Itulah 5 tips dan cara investasi emas yang bisa diikuti oleh pemula. Emas hingga kini masih difavoritkan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia sebagai alat investasi.

Sehingga penting bagi Anda yang ingin berinvestasi untuk memahami cara investasi emas. Seperti disinggung sebelumnya, salah satu penyebabnya adalah harganya yang terbilang stabil bahkan cenderung naik. Selain soal kestabilan harga, masih ada beberapa keuntungan dalam berinvestasi emas. Apa saja? Berikut ulasannya.




This will close in 10 seconds