Scroll untuk baca artikel
Pendidikan

Prodi PAI UNUHA Laksanakan PKM Pembuatan Modul Projek P5-PPRA di MTs Nurul Huda

1530
×

Prodi PAI UNUHA Laksanakan PKM Pembuatan Modul Projek P5-PPRA di MTs Nurul Huda

Sebarkan artikel ini

okutimurnews.id – Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Nurul Huda (UNUHA) OKU Timur melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) berupa pembuatan modul ajar projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5-PPRA) di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Huda Sukaraja pada Sabtu, 20/01/2024.

Kegiatan tersebut menurut Marlina, M.Pd selaku ketua tim sekaligus Dekan Fakultas Agama Islam Universitas Nurul Huda mengatakan bahwa PKM mengambil judul Pendampingan Inovatif Pembuatan Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin ( P5-PPRA ) Fase D Kurikulum Merdeka di MTs Nurul Huda Sukaraja yang tujuan dari PKM dapat menghasilkan modul projek P5PPRA yang akan digunakan di MTs Nurul Huda pada semester genap tahun pelajaran 2023/2024.

Adverstisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Konten

Marlina menambahkan bahwa kegiatan tersebut terdiri dari dosen Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Nurul Huda diantaranya Marlina, M.Pd.I, Suhartono, M.Pd.I, M. Ikhsanudin, M.Pd.I dan Dr. Romdoni, M.Pd.I yang dibantu oleh tim mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam yakni Yovilia, Nabila Raisa Putri dan Nur Vikiati dengan diikuti oleh 9 peserta yang merupakan perwakilan guru yang akan dibagi kedalam tiga kelompok untuk menyusun modul projek sebanyak tiga tema.

Baca Juga  Ratusan Guru Olahraga OKU Timur ikut Rembuk Pendidik Olahraga Daerah.

Tema pertama yakni terkait kearifan lokal dengan sub tema Aku Menjaga Tradisi Tari Bumi OKU Timur dengan tim guru Anis Murniati, S.Pd, Lisna Ikka Falupi, S.Pd dan Sofiatun, S.Pd.I kemudian untuk tema kedua berjudul Gaya Hidup Berkelanjutan dengan sub tema Kampanye Kebersihan Lingkungan Madrasah dengan tim guru Ariyanto, S.Pd.I., Isriyanto S.Pd., dan H. Syaiful Anwar, S.Pd.I selanjutnya tema ketiganya tentang kewirausahaan yang mengambil sub tema Kreatifitas dan Inovasi Dalam Kewirausahaan dengan produk pempek, basreng dan peyek dengan tim guru Khotimatul Mar’ah, S.Pd., Alfia Nurul Qomariah, S.Pd dan Qoryatun Nadifa, S.Pd.

“Kami mengucapkan terimakasih atas semangat dan kontribusinya dalam mensukseskan pelaksanaan PKM ini, PKM ini merupakan tri dharma perguruan tinggi yang wajib dilaksanakan. PKM ini diharapkan bermanfaat untuk kedua belah pihak. Hasil dari PKM ini selain berbentuk modul, juga akan menghasilkan luaran artikel ilmiah PKM, Laporan PKM, Video pelaksanaan PKM, Artikel di surat kabar dan HKI untuk modul projek. PKM ini berkontribusi pada luaran kriteria akreditasi guna penjaminan mutu di kriteria pengabdian,” ujarnya.

Baca Juga  Surat Edaran Seleksi PPG 2019

Sementara itu Nurkholis. M.Pd.I selaku ketua Badan Pelatihan, Penelitian dan Penjaminan Mutu (BP3M) Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda dalam sambutannya memberikan apresiasi karena telah melaksanakan program hibah kampus berupa pengabdian kepada masyarakat dengan mitra unggulan unit-unit di bawah Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja, tentunya ini merupakan simbiosis mutualisme bagi Universitas dan MTs Nurul Huda yang berdampak pada peningkatan penjaminan mutu unit.Dalam kesempatan yang sama Nurkhamid, S.Pd selaku kepala madrasah MTs Nurul Huda Sukaraja dalam kata sambutannya mengucapkan terimakasih atas kegiatan PKM yang akan berlangsung di MTs Nurul Huda.

“Kegiatan ini merupakan realisasi kerjasama antara Universitas Nurul Huda dengan MTs Nurul Huda yang diharapkan dapat memberikan berkontribusi dalam menyukseskan kurikulum merdeka yang akan berlangsung di MTs Nurul Huda. Semoga hasil pelatihan ini nantinya menghasilkan modul projek yang akan diimplementasikan di Madrasah,” ujarnya.




This will close in 10 seconds