Scroll untuk baca artikel
Opini

Perjuangan Melawan Krisis Ekonomi Desa Srimulyo Belitang Mulya OKU Timur (OPINI)

2058
×

Perjuangan Melawan Krisis Ekonomi Desa Srimulyo Belitang Mulya OKU Timur (OPINI)

Sebarkan artikel ini

okutimurnews.id – Perjuangan Melawan Krisis Ekonomi Desa Srimulyo Belitang Mulya OKU Timur (OPINI), Petani merupakan salah satu sektor penting dalam perekonomian di banyak negara di seluruh dunia.

Namun, petani seringkali menghadapi tantangan ekonomi yang signifikan yang mengancam kelangsungan hidup mereka.

Adverstisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Konten

Nama : Risalatul Khasanah
Nim : 2110702007
Kelas : 2172A
MK : Jurnalisme Politik
Dosen pengampu : DEANY AFRIANY,S.IP, M.Si

Di daerah saya terutama petani menghadapi krisis ekonomi yang serius yang mempengaruhi pendapatan mereka dan kemampuan untuk bertahan hidup.

Krisis ekonomi petani disebabkan oleh banyak faktor, termasuk fluktuasi harga komoditas, biaya produksi yang tinggi, kurangnya akses ke pasar yang menguntungkan, dan persaingan yang ketat dari produsen besar.

Baca Juga  Akankah Di Masa Depan Peran Guru Dapat Digantikan Oleh Teknologi / Artificial Intelligence (AI)?

Semua faktor ini menyebabkan petani menghadapi kesulitan untuk mendapatkan keuntungan dari usaha mereka, dan sering kali bahkan merugi.

Namun, petani tidak tinggal diam dalam menghadapi krisis ekonomi mereka. Mereka berjuang untuk bertahan hidup dengan berbagai cara.

Beberapa petani mencoba meningkatkan efisiensi produksi mereka, menggunakan teknologi yang lebih baik, atau meningkatkan kualitas produk mereka.

Yang lain memperluas jangkauan pasar mereka dan menjual langsung ke konsumen, mengurangi biaya distribusi dan memperoleh harga yang lebih menguntungkan.

Ada juga petani yang berusaha memperbaiki kondisi keuangan mereka dengan bergabung dengan koperasi atau kelompok tani untuk memperoleh kekuatan tawar-menawar yang lebih besar dalam pasar.

Dalam menghadapi krisis ekonomi yang serius ini, perjuangan petani untuk bertahan hidup tidak boleh diabaikan.

Baca Juga  20 Kontingen Ikuti Festival Pelajar Kabupaten OKU Timur.

Petani merupakan bagian penting dari masyarakat dan perekonomian, dan harus diberi dukungan yang memadai untuk memperbaiki kondisi ekonomi mereka.

Dengan berbagai upaya yang dilakukan oleh petani, pemerintah, dan organisasi masyarakat, kita dapat bersama-sama mencari solusi untuk mengatasi krisis ekonomi petani dan meningkatkan kesejahteraan petani di seluruh dunia.

Minggu, 26- maret- 2023 Belitang Mulya Oku Timur, daerah yang terkenal dengan penghasil berasnya yang melimpah,namun dibalik itu tidak semudah omongan orang yang dikata “beras mahal pasti penghasilannya melimpah”.

Tidak saya sendiri membantah itu, menurut saya para petani didaerah saya umumnya menjual berupa bentuk masih padi setelah panen dari hal itu maka beras bisa dikatakan harga murah, sekitar 8.000.00, disaat musim tanam itu momen² susahnya beras dan harganya melonjak 10.000.

Baca Juga  Cara Daftar Ulang PPDB OKU Timur 2022 Lengkap dengan Jadwal dan Ketentuannya

Menurut pandangan yang saya amati seharusnya petani itu setelah panen sebagian padi nya ditimbun untuk dijual waktu beras mahal,nah dari situlah para petani bisa mengambil keuntungan yang besar dari pada dijual saat panen tiba.




This will close in 10 seconds