Scroll untuk baca artikel
OKU Timur

Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur

692
×

Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur

Sebarkan artikel ini

okutimurnews.id – Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatra Selatan.

Kabupaten ini terbentuk sebagai pemekaran Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU). Iklim di Kabupaten OKU Timur termasuk tropis basah dengan variasi curah hujan antara 2.554 – 3.329 mm/tahun.

Adverstisement
Scroll Kebawah Untuk Lihat Konten

Topografi di wilayah Kabupaten OKU Timur dapat digolongkan ke dalam wilayah datar (Peneplain Zone), bergelombang (Piedmont Zone), dan berbukit (Hilly Zone).

Batas-batas Wilayah Bagian Utara Berbatasan dengan Kecamatan Tanjung Lubuk dan Lempuing (Ogan Komering Ilir).

Bagian Timur Berbatasan dengan Kecamatan Lempuing dan Mesuji (Ogan Komering Ilir), Bagian Selatan Berbatasan dengan Kabupaten Way Kanan (Provinsi Lampung) dan Kecamatan Simpang (Ogan Komering Ulu Selatan).

Baca Juga  Jadwal SIM Keliling OKU Timur

Bagian Barat Berbatasan dengan Kecamatan Lengkiti, Sosoh Buay Rayap, Baturaja Timur dan Peninjauan (Ogan Komering Ulu) dan Muara Kuang (Ogan Komering Ilir).

Kabupaten OKU Timur memiliki potensi lahan pertanian yang cukup luas. Kabupaten OKU Timur juga merupakan salah satu daerah penghasil beras terbesar di Sumatera Selatan.

Hal ini di dukung oleh Bendungan Perjaya dan jaringan irigasi yang memadai di daerah ini. Di sektor perkebunan, komoditi andalan dari Kabupaten OKU Timur adalah karet dan kelapa sawit.